Musim hujan tiba. Terkadang kita tetap harus melakukan komunikasi dengan
ponsel meski di bawah guyuran hujan atau gerimis. Bisa saja kita sudah
berada di tempat yang aman, tapi tiba-tiba ponsel "melompat” jatuh dari
saku atau tas ke kubangan air atau wastafel. Lebih parah lagi, ponsel
kita menyelam dalam lumpur. Wah, bagaimana nih mengatasinya?
Jika
musibah seperti itu terjadi, jangan panik. Yang patut diingat, jangan
mencoba menghidupkan ponsel (jika langsung mati setelah terkena air atau
lumpur). Berikut beberapa tips untuk mengatasi hal tersebut.
Bersihkan Ponsel
Anda terjatuh ke dalam lumpur? Mungkin menambahkannya dengan guyuran
air lagi terasa mengerikan, namun kepalang basah, memang hal itulah yang
harus Anda lakukan.
Pegang ponsel Anda secara vertikal agar air
mudah mengalir, tutup bagian lubang pada ponsel seperti jack audio,
port USB, speaker dan mikrofon sebisanya dengan jari, lalu guyur dengan
air hingga bersih. Jangan tambahkan sabun meski tercium bau tak sedap.
Hal itu bisa dilakukan nanti setelah kering.
Keringkan Semakin
cepat Anda mengeringkan ponsel yang basah tersebut, akan semakin baik.
Pertama, jangan hidupkan ponsel atau menekan tombol apapun ketika ponsel
dalam kondisi basah.
Buka casing ponsel lalu lepas baterai. Lap
ponsel dengan handuk atau kain dengan serat halus (microfiber). Tisu
pun boleh asalkan jangan sampai hancur dan meninggalkan kotoran di bodi
ponsel.
Jika sudah nampak kering, perlu diingat mungkin ada
partikel air yang masuk ke dalam komponen elektronik ponsel. Cara paling
cepat adalah dengan membuka bodinya. Namun tidak semua orang bisa atau
berani melakukannya.
Ada dua cara lain. Yang pertama,
ketuk-ketukkan ponsel dengan hati-hati ke telapak tangan Anda sampai
airnya keluar. Lakukan hingga benar-benar tak ada bintik-bintik air yang
nampak terhadap semua lubang yang ada, dan ulangi bila perlu. Yang
kedua, gunakan hair dryer atau pengering rambut dari berbagai sudut.
Serahkan
ke Ahlinya Jika langkah-langkah di atas gagal untuk menghidupkan
kembali ponsel Anda, maka satu-satunya cara adalah membawanya ke pusat
layanan. Mengingat ini termasuk kesalahan pengguna, pihak vendor
biasanya tidak menanggung biaya perbaikan dan penggantian komponen.
Artinya, Anda harus membayar walaupun ponsel masih dalam masa garansi.
Cara
yang terbaik untuk menghindar dari masalah ini adalah dengan
menggunakan headset sehingga ponsel Anda dapat tersimpan dengan aman di
tas atau saku.