Beban kerja, kesibukan atau seabrek masalah di kantor tak jarang membuat
kita dilanda stres. Namun semua itu bisa diatasi, asal tahu caranya.
Jangan
sampai stres yang melanda justru membuat kinerja Anda menurun. Ada
beberapa cara untuk menghilangkan stres yang dirasakan di kantor. Ini
dia!
1. Tarik nafas panjang Cara ini adalah cara paling mudah
untuk menenangkan diri. Telah banyak penelitian yang membuktikan,
menarik nafas panjang dapat membuat aliran darah serta oksigen di otak
kembali teratur. Sehingga saat menarik nafas panjang, seseorang akan
merasakan kenyamanan dan rasa rileks. Berhentilah sejenak dari
pekerjaan, lalu tariklah nafas panjang selama 5-10 menit. Anda akan
merasa lebih tenang, dan stres yang melanda akan mereda.
2.
Bergerak Beranjaklah dari kursi Anda, lalu berjalan-jalanlah sejenak.
Jika memungkinkan, keluarlah dari gedung kantor sesaat untuk menikmati
terpaan angin dan sinar matahari. Bergerak akan membantu otot-otot Anda
yang kaku menjadi lebih santai dan rileks. Hal itu juga bisa membantu
menghilangkan stres.
3. Tertawa Tertawa bisa merangsang hormon
endorfin atau lebih dikenal dengan hormon "bahagia". Dengan tertawa,
segala beban Anda akan terasa lebih ringan. Melihat video lucu, membaca
buku humor atau bersenda gurau sesaat dengan rekan kerja dapat menjadi
pilihan Anda.
4. Gunakan sandal jepit Ini terkesan sederhana,
namun dengan sedikit bergaya santai, Anda akan merasa lebih tenang. Tak
perlu memakai sandal jepit dari rumah, cukup ganti sepatu Anda dengan
sandal yang telah Anda sediakan di kantor. Anda akan merasa lebih
rileks.
5. Ganti suasana Jika memungkinkan, coba minta izin
dengan atasan Anda untuk bekerja dari tempat lain. Misalnya kedai kopi
yang nyaman. Suasana yang berbeda akan membuat pikiran Anda lebih
terbuka.